Karenanya, rajin-rajinlah merawat kulit leher agar tak kelihatan kusam, bergaris-garis keriput maupun belang atau kehitaman di daerah belakang. Khusus yang terakhir, nampaknya memang menjadi momok menakutkan bagi para wanita, terutama buat mereka yang lebih sering bertugas di luar kantor dan berlama-lama di lapangan.

Apa yang menjadi hitamnya leher bagian belakang? Pertama, karena seringnya terhantam sinar matahari. Biasanya kulit di belakang leher sering tidak diperhatikan sehingga bila anda mengaplikasikan moisturizer, bedak, maupun tabir surya, anda hanya mengaplikasikannya pada wajah dan leher di bagian depan saja supaya tidak terlihat belang. Padahal leher belakang harus diperlakukan sama supaya terhindar dari paparan matahari yang menyebabkan pigmentasinya berubah.

Kedua, keringat yang tidak diseka. Keringat menyebabkan pori-pori kulit menjadi tertutup. Semua ini bisa berakibat menumpuknya kotoran pada leher. Bila tidak dibersihkan secara seksama dengan susu pembersih atau sabun dengan scrub, otomatis kotoran masih ada dan menyebabkan kehitaman serta kekusaman warna leher bagian belakang.

Ketiga, debu dan kotoran. Bila ada debu dan kotoran, anda hanya membersihkan wajah saja. Padahal debu dan kotoran melekat kesemua bagian kulit, tak terkecuali leher bagian belakang. jadi jangan pernah terlewat untuk membersihkan bagian leher belakang setiap mandi dan olesi dengan pelembab sesudahnya.

Iklan