Jerawat pada punggung? Beberapa dari anda mungkin mengalaminya. Meski lebih banyak ditutupi oleh pakaian yang anda kenakan sehari-hari, namun rasanya tetap saja mengganggu. Apalagi jika timbul gatal setelahnya. Jika menggaruknya, salah-salah anda malah akan dibilang berpenyakit panu. Huh!

Memang sudah banyak metode pengobatan jerawat agar punggung menjadi mulus. Namun tak ada salahnya jika anda merawatnya sendiri. Asalkan penanganannya tepat, punggung anda akan kembali kinclong.

Langkah pertama adalah mandi dengan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid. Tak perlu kandungan yang banyak, cukup 2% saja sudah bisa membersihkan kulit hingga pori-pori. Lalu gunakan lotion khusus yang mampu diserap kulit namun tidak menutup pori-pori kulit. Lotion berbahan noncomedogenic patut anda coba.

Lalu gunakan busana dari bahan yang ringan dan bisa membuat kulit bernafas. Katun atau linen cocok bagi aktivitas outdoor karena bahan ini akan menyerap keringat berlebih anda.

Saat hendak tidur malam, gunakan produk yang mengandung benzoyl peroxide. Bahan aktif ini akan bekerja maksimal mengobati dan mengeringkan jerawat pada punggung. Hingga saat anda mandi di pagi hari, jerawat yang telah mengering akan luntur dengan sendirinya.

Jika jerawat tak kunjung mereda. Jalan satu-satunya adalah berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mencegah jerawat tambah berkembang.

Iklan