tanpa disadari, beberapa kebiasaan yang anda lakukan sehai-hari merugikan kondisi kulit. pemakaian busana yang terlalu ketat dan kebiasaan mencabut bulu adalah penyebab kulit bagian lipatan, seperti ketiak, dan kulit di beberapa area, seperti daerah lipatan paha dan bawah perut (bikini lines), berwarna lebih gelap (menghitang)

perubahan tersebut memang tidak terlihat langsung, melinkan dalam jangka panjang. misalnya, garis-garis kehitaman pada perut yang disebabkan kontak kulit dengan busana yang terlalu ketat yang mengakibatkan luka-luka kecil yang tidak kelihatan. luka-luka tersebut mengelupas tidak sempurna dan muncullah bintik-bintik cokelat berupa garis.

menghitamnya kulit ketiak selain karena masalah hormon umumnya disebabkan oleh pemakaian deodoran. biasanya ini terjadi pada kulit sensitif, karena deodoran yang mengandung alkohol dapat menyebabkan iritasi sehingga terjadi hiperpegmentasi yang mengakibatkan menghitamnya daerah tersebut. berikut ini beberapa teknik mengatasi warna gelap pada kulit.

AKUPUNKTUR

hormon yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab menghitamnya kulit di daerah lipatan. akupunktur berfungsi menyeimbangkannnya kembali. tindakan tersebut menghambat pembentukan pigmen melanin, yakni zat warna hitam di kuit, dan juga membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik. hasilnya, kulit menjadi lebih cerah.

  1. bagian lipatan yang ingin dicerahkan dibersihkan denagn kapas alkohol.
  2. jarum di tusukkan pada titik-titik yang akan dicerahkan (misalnya ketiak). selain itu, jarum juga di tusukan pada titik-titik tubuh, yaitu ibu jari (tanag dan kaki), siku, dan tungkai bawah (tulang kering) juga penusukan di titik-titik telinga, karena disini terdapat titik-titik untuk semua organ tubuh.
  3. jarum didiamkan selama 20-30 menit. dilakukan pencabuta jarum dengan kapas.

frekuensi ideal untuk melakukan akupunktur adalah 2-3 kali per minggu. efeknya akan terjadi selama kurang lebh 72 jam. efek yang di maksud adalah bekerjanya aliran darah dan energi di tubuh setelah di tusuk, yang memengaruhi hormon yang menghambat pembentukan pigmen melanin. untuk hasil maksimal, sebaiknya terapi akupunktur ini dilakukan sebanyak 12 kali (4-6 minggu).(femina)

Iklan