PENYEBAB terjadinya migrain bisa berbeda-beda antara satu penderita dengan penderita lainnya. Mengingat migrain biasanya merupakan penyakit kambuhan, hendaknya penderita bisa mengenali dan menghindari faktor-faktor pemicu timbulnya sakit kepala sebelah ini.

Faktor pemicu tersebut beragam, bisa berupa makanan, kondisi lingkungan yang buruk, atau faktor hormonal. Sejumlah makanan atau minuman tertentu seperti cokelat, kopi, alkohol, minuman bersoda, bumbu penyedap yang mengandung MSG atau nitrat bisa mendorong timbulnya migrain.

Selain itu, perubahan pola hidup, atau pola hidup yang buruk seperti kurang tidur dan makan yang tidak teratur juga dapat memicu migrain. Pada wanita, fluktuasi kadar hormon estrogen mungkin menjadi penyebab mengapa kaum wanita tiga kali lebih besar kemungkinannya mengalami migrain dibanding kaum pria.

Ortho-McNeil Neurologics dalam whattrigersmigraine.htm memublikasikan informasi tentang faktor-faktor pemicu migrain, yang berasal dari makanan, kondisi fisik, psikologis, hormonal, faktor lingkungan, dan obat-obatan. Serangan migrain mungkin akan tetap terjadi, bagaimanapun usaha penderita untuk menghindari faktor penyebab tersebut.

Namun, dengan mengetahui faktor pemicunya, setidaknya penderita bisa meminimalkan gejala yang terjadi dan bisa merencanakan pengobatan yang tepat.(okezone)

Iklan