Setiap mendengar kata hipnotis yang terbayangkan di kepala pasti seorang psikiater yang sibuk mengayun-ayunkan bandul di hadapan si pasien… sambil mengajak berkonsentrasi untuk “memanggil” kenbali ingatan bawah sadar yang biasanya terlupakan… tak jarang pula kita mendengar kata hipnotis muncul sebagai salah satu bentuk kriminalitas untuk “menipu” bahkan memeanfaatkan seseorang… sehingga menimbulkan berbagai macam tanda tanya… sebenarnya apa sih hipnotis itu…???

Hipnosis, bukan hipnotis…

Tahu ngga kalo sebenarnya penucapan yangbener tuh HIPNOSIS bukan HIPNOTIS seperti yang biasa kita lafalkan. Hipnotis berasal dari bahasa Yunani… Hypnosea..yang artinya tidur… Sejak kapan sih hipnosis ada??? ga da yang tau persisnya… namun menurut sejarah… teknik hipnisis ini sudah dipakai masyarakat mesir kuno pada ritual keagamaan mereka..
Sejarah juga mencatat bahwa pada abad ke-18 dari Franz Anton Mesmer berhasil menyembuhkan pasien tanpa obat-obatan dan operasi. ia berhasil membangkitkan sugesti positif dari pasien dengan hipnosis… kemudian di abad 19, Dr. James Braid mengeluarkan buku tentang Neurhypnology atau Study of Nervous Sleep, yang mempelajari hipnosis ini lebih lanjut…

asal kita tau aja kalo sebenarnya hipnosis tuh bukan cabang dari ilmu psikologi… tapi merupakan alat atau terapi yang bisa dipakai dalam bidang ilmu psikologi untuk menggali masalah yang sedang dihadapi…

Bisa ‘ngurusin’ badan…

Jadi apa sih sebenarnya hipnosis itu???? menurut American Psychological Association, Division of Psychological Hypnosis, hipnosis adalah sbuah prosedur atau alat yang disarankan ahli medikal profesional dan peneliti terhadap pasien atau partisipan aktif lainnya untuk membantu menyelesaikan masalah… caranya dengan membangkitkan kembali ingatan atau memori yang terlupakan, baik senagaja ataupun tidak… orang yang di hipnosis nantinya akan melalui sebuah proses atau tahap perubahan terhadap sensasi, persepsi, pikiran bahkan tingkah laku… jadi… jangan heran bila melihat orang yang dihipnosis bisa berubah kebiasaan bahkan tingkah lakunya…

kok bisa yahhh cuma dengan dibikin ngga sadar..orang jadi sembuh???begini!!! kita sebenarnya mempunyai kekuatan menyembuhkan diri sendiri dengan energi positif yang kita miliki secara alami… nahhh dengan menghadapi langsung sumber masalah ditambah dengan memakai energi positif itu…kita pun bisa sembuh dengan mudah…

Contohnya nihhh…kalo kita pernah jatoh dari sepeda sampai luka dan berdarah, diam-diam kita memendam ingatan peristiwa ini sampai kea lam bawah sadar…inilah yang menyebabkan kita secara ngga sengaja menghindari sepeda..supaya tidakmerasakan sakit yang sma lagi…kata lainnya sih trauma tapi dalam bentuk yang sederhana… nah dengan hypnosis kita terbantu menggali lagi ‘trauma’ yang dipendam baik secara sengaja tawpn tidak dan mengajaknya mengobati luka dengan cara menghadapi dan menyelesakan masalah tersebut..

Hipnosis kini di pakai sebagai terapi oleh ahli medis, psikiater dan psikolog dalam menangani korban tindak kekerasan, penganiyayaan fisik dan mental seperti child abuse , pemerkosaan, korban perang, korban bomdan sebagainya…

Tak Cuma itu… para dokter penyakit fisik pun bias memakai hypnosis sebagai metode penunjang penyembuhan, dimana selain menggunakan obat-obatan, pasien akan dihipnosis agar segesti positifnya terbentuk dan membantunya mengobati diri sendiri.. hal ini terbukti manjur untuk pasien ketergantungan narkoba dan penderita diabetes… bahkan dengan hypnosis ini sendiri…bias membantu kita menurunkan berat badan lho… caranya gampang, kita dihipnosis oleh ahli hypnosis dan ‘ditanamkan’ segesti untuk makan secara sehat dan secukpkanya… dengan begitu kita bias menjaga berat badan kan???

Iklan